Mengejar Sunrise Hingga Off Road di Gunung Bromo

9:18 AM


Gunung Bromo

Gunung Bromo, apa kabar?

Setelah enam tahun, baru bisa kembali lagi ke sini. Buat saya, Bromo itu berkesan karena jadi destinasi pertama di luar kota yang saya kunjung bareng teman-teman. Keseruannya udah pernah saya tulis di sini.

Kenapa ke Bromo lagi? Satu alasan kuatnya adalah pengin lihat sunrise! Dulu belum beruntung, alih-alih matahari terbit yang cantik, kami melihat Bromo yang berselimut kabut. Ya namanya juga ke sana pas bulan Januari, maklum anak kuliah dapat liburnya bulan itu.

Perjalanan bulan April lalu dimulai dari Malang. Biar praktis dan tanpa mikir, saya ikut open trip. Jadi, dini hari sudah dijemput di penginapan di Malang kemudian lanjut perjalanan ke basecamp mereka untuk berkumpul dengan yang lain.

Mau Ikut Open Trip? Ini Tipsnya

Gunung Bromo

Sebenarnya, saya nggak terlalu suka dengan tour &  travel kemarin karena ada satu-dua hal yang kurang menyenangkan. Semua orang pasti nggak mau bad mood pas liburan makanya harus pinter-pinter pilih tour & travel. Misalnya dengan baca testimonial, kepoin media sosial sampai websitenya.

Sebagai peserta open trip, kita tuh juga harus jadi orang yang fleksibel dan tahu waktu. Begitu juga dengan pihak tour leader, pastikan kasih informasi detail misalnya nanti pukul sekian kita kumpul, tujuan kita ke A, B, C dan seterusnya. Nah, sebisa mungkin tepati apa yang telah dijanjikan.

Mari Kita ke Bromo!

Perjalanan menuju kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru tidak terlalu lancar karena maceeeet. Yaaaa namanya juga jalan-jalan memanfaatkan long weekend. Makanya begitu ada kesempatan rada selo, driver jeepnya langsung tancaaaap gas! Kami diajak off-road juga di sekitaran Pasir Berbisik-Savanna.

Seru banget! Biarin aja deh badan keguncang ke sana-kemari karena jalanan yang penuh lubang dan batuan.

Gunung Bromo

Gunung Bromo

Spot Sunrise Pananjakan masih cukup jauh tapi jeep kami tidak bisa maju lagi karena sudah penuh oleh jeep lain yang terparkir. Meski bukan spot terbaik tapi sunrise di depan mata bener-bener cantik. Seneng dan lega, kesampaian juga lihat sunrise di Bromo.

Nggak dapat foto sunrise bagus-Gunung Bromo tertutup Gunung Batok bukan masalah, yang penting bisa menikmati. Karena liburan nggak cuma foto-foto doang. Setuju?

Gunung Bromo

Gunung Bromo

Bukit Widodaren? Jaman dulu ke sana, destinasi ini belum terdengar. Jadi semangat dan penasaran... Begitu turun dari Pananjakan, kami langsung menuju Bukit Widodaren ini. Di sana kita bisa melihat pemandangan bukit-bukit di sekeliling. Khas Bromo banget!

Gunung Bromo

Gunung Bromo

Perjalanan berlanjut. Kawah Bromo jadi tujuan berikutnya. Saat itu Gunung Bromo masih berstatus Waspada yang menyebabkan wisatawan nggak boleh mendekat hingga radius 1 km dari bibir kawah. Sebelum berangkat pun sebenarnya udah tahu soal ini tapi karena masih aman jadi tetep jalan deh!

Gunung Bromo

Gunung Bromo

Akhirnyaaaa spot terakhir dan terfavorit: Savanna!

Sepanjang mata memandang bukit hijaaaau. Udaranya sejuk. Ada penjual bakso juga! Karena anaknya laperan, saya memesan bakso yang makannya sambil berkhayal: ‘andai belakang rumah pemandangannya kayak gini’.

Belum puas jalan-jalan, foto, dan duduk melamun, para tour leader udah memanggil kami untuk bersiap pulang. Kalau lain kali ke Bromo dan private tour, bakal minta di Savanna-nya lebih lama deh, sampai bosan pokoknya...

Wajib Bawa Ini Kalau Ke Bromo!

Buat siapapun yang mau ke Bromo, pasti udah tahu ya kalau di sana itu dingin (kalau pagi doang sih). Jadi jangan lupa bawa jaket, sarung tangan, penutup kepala, syal, dan apapun yang sekiranya bikin kamu hangat. Selain itu, bawa juga masker dan kacamata, debu di Bromo itu nggak kira-kira lho.
***

Baiklah, mari sudahi basa-basi ini. Sebenarnya saya nggak ada ide mau gimana nulis cerita perjalanan ke Bromo ini. Namun karena pengin menuliskannya di blog, jadi ngalir gini aja deh. Selain Bromo, saya juga sempat jalan-jalan santai di Malang. Nanti kita sambung lagi ya cerita-ceritanyaaa.

Boleh juga lho follow Instagramku di @nikaresti. Mari berteman!

You Might Also Like

0 comments