Oyo River Tubing (Musim Penghujan)

6:51 PM

Sungai Oyo merupakan sungai dengan panjang 37,75 km yang berada di perbatasan Kecamatan Playen, Gunung Kidul dan Kecamatan Dlingo, Bantul. Batuan di sungai Oyo merupakan batuan kapur termasuk batuan sendimen yang terendap dalam posisi horizontal. Salah satu cara untuk menikmati keindahan sungai Oyo adalah dengan Oyo River Tubing.

Ada beberapa sekretariatan yang menawarkan paket ini, tapi beberapa waktu yang lalu, dengan rekomendasi seorang teman, saya menuju Desa wisata Bejiharjo (Gelaran Bejiharjo Karangmojo GK). Ini adalah ancer-ancer dari teman dan sebuah blog yang saya rangkum menjadi: 
Ikuti Jalan Wonosari menuju kota sampai bundaran Siyono (yang ada tulisan BPD) belok kiri. Perempatan lampu merah Budegan lurus. Perempatan setelahnya belok kiri. SMP N 2 Karangmojo belok kiri. Ada Balai Desa Bejiharjo belok kanan.
Pagi hari sebelum berangkat saya mengirim sms ke CP mengatakan bahwa saya dan teman-teman berangkat, mungkin 1.5 jam lagi sampai. Memasuki wilayah kota Wonosari, HP saya bergetar ternyata telpon dari Bapak yang akan menjemput kami.
“Mbak saya jemput di gapura selamat datang Wonosari ya.”
“Yaaah Pak udah kelewat barusan.”
Akhirnya kami kelewat berbelok kanan di bunderan Siyono. Alih-alih ucapan selamat datang, seorang lelaki yang sudah pasti penjemput Gua Pindul menyalakan motor dan mengikuti kami.
“Mbak mau ke Goa Pindul?” kata mas-mas yang mengendari motor di samping saya.
“Iya mas.”
“Saya antar ya.”
“Enggak mas, udah tahu jalan kok,” kataku berusaha meyakinkan. “Makasih mas,” tambahku sebagai tanda pengusir.
Dan kejadian seperti itu, tak hanya sekali. Duuuuuh mas -____-

Akhirnya kami menunggu Bapak penjemput di depan PKU Muhammadiyah Wonosari. Tak lama, Bapak itu datang tepat ketika seorang penjemput mendekati kami lagi.
***
Sesampainya di sekretariatan Bapak tersebut masih memandu kami.
“Silahkan mbak ke loket dulu bayar, ganti baju, barangnya dititipin terus baru berangkat.”
Sekretariat ini menawarkan tiga paket yaitu Cave Tubing Goa Pindul, Caving Goa Glatik, dan Oyo River Tubing. Untuk Oyo River Tubing dipatok harga Rp 45.000 sudah termasuk jasa pemandu, perlengkapan (ban pelampung, jaket pelampung, dan sepatu karet), transportasi, dan asuransi.

Sepatu karet menjadi masalah buat saya saat itu. Kenapa? Ukuran saya nggak ada. Ukuran 37 pun masih kebesaran buat saya, dan akhirnya saya pakai sandal jepit.
“Pak request sepatu karetnya yang ukuran 36 ya pak,” keluh saya pada seorang Bapak yang memegang microphone.
“Mbaknya gedein badan aja ya, makan yang banyak,” kemudian saya mlipir.
***
Jika mengambil paket Cave Tubing Goa Pindul, pengunjung tinggal berjalan kaki dari sekretariat karena lokasinya dekat. Berbeda dengan Oyo River Tubing, kami perlu menumpang kendaraan yang telah disiapkan untuk menuju start point


Oyo River Tubing ini akan melewati sungai Oyo sepanjang 1500 m dengan durasi 1 – 2 jam dan kedalaman 7 – 11 m. Ketika datang di musim penghujan seperti ini ada beberapa keseruan yang ditawarkan, seperti arus sungai yang lumayan deras (tapi aman) sehingga pemandu tidak perlu menarik pengunjung dan jeram yang menantang. Namun saat penghujan, air sungai akan kecokelatan dan debit air yang banyak mengakibatkan tebing-tebing karst tidak terlihat tinggi. Keseruan melompat dari tebing hingga ketinggian 10 m pun dilewati. Tapi jangan khawatir, kamu masih bisa melihat air terjun yang cukup deras di sisi sungai.

“Kalau mau berenang boleh kok mbak,” ajakan dari pemandu itu kami tolak mengingat deras arus air, yaaah daripada ikut keseret arus gitu~
Untuk menikmati keindahan sungai Oyo yang sesungguhnya datanglah saat musim kemarau. Tapi arus airnya akan sangat tenang sehingga harus ditarik oleh pemandu. Setidaknya sungai Oyo ini akan menawarkan keseruan yang berbeda di musim penghujan dan kemarau. Yang pasti jangan lupa mengabadikannya dengan berfoto. Tenang! Kamera akan diamankan oleh pemandu dengan dibungkus plastik. Jika ingin lebih leluasa bawa saja kamera underwater.


Arus yang deras membuat perjalanan ini hanya berdurasi satu jam. Sampai jumpa sungai Oyo di musim kemarau!


*info tentang Oyo River Tubing dan paket lain bisa cek ke website desawisatabejiharjo.net atau twitter @GoaPindul_GK


You Might Also Like

0 comments