Si Kembar Candi Plaosan

10:37 PM

Siang itu kami menuju Timur rencana menuju Candi Sari pun terlewatkan ketika kami kebablasan jalan, akhirnya rencana diubah menuju ke Candi Plaosan. Berbekal arah jalan dari seorang teman beberapa hari lalu saya mengendalikan motor menuju Candi Prambanan, berbelok ke kiri ketika menemui pertigaan bangjo, di situlah pintu masuk ke Candi Prambanan tapi perjalanan kami masih terus berlanjut. Jalanan yang dilewati memang tidak asing karena sebelumnya ketika kemah SMA kami pernah jalan-jalan disekitaran sana. Ketika menemui pertigaan di sebelah sebuah hotel ambil jalan ke kanan lalu ikuti jalan terus sampai melihat candi. Ya itu adalah Candi Plaosan Lor.

Tiket masuk candi ini seharga Rp 5.000, sebelumnya partner mbolangku baca disebuah blog tulisannya Rp 500, oke itu salah tulis berarti. Candi Plaosan adalah candi Buddha yang terletak di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Prambanan, Jawa Tengah. Kompleks ini dibangun oleh Raja Rakai Pikatan dan Sri Kahulunan pada zaman Kerajaan Medang (Kerjaan Mataram Kuno) pada abad ke-9. Candi Plaosan ini terbagi menjadi dua yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul.
Candi ini terbilang mempunyai banyak bangunan, harusnya lebih banyak kalau saja pemugaran tidak terhenti akibat terkendala dana. Seluruh kompleks Candi Plaosan memiliki 116 stupa perwara dan 50 candi perwara. Beberapa bagian candi ini juga sempat mengalami renovasi akibat kerusakan gempa Jogja beberapa waktu silam.

Teriknya siang itu membuat saya dan ciwul menikmati suasana dengan berteduh di sekitaran candi utama. Sesekali kami mencuri-curi kesempatan untuk berfoto sambil menahan panas. Mungkin dikarenakan kurang kerjaan, kami memperhatikan beberapa pengunjung yang ada di sana mulai dari rombongan ibu-ibu yang begitu heboh, keluarga yang bertamasya, rombongan remaja yang berfoto narsis lengkap dengan helmnya (entahlah!) dan parahnya kami melihat mbak-mbak yang sedang photo session dengan baju minim dan tidur di rerumputan (mbak, nggak ngerasa panas?).

Akhirnya rasa lapar pun membawa kami beranjak dari Candi Plaosan dan sampai jumpa!
Foto hasil ngegangguin Ciwul

You Might Also Like

0 comments