Tujuh-belasan di Umbul Ponggok

9:01 AM

Nyasar. Ini adalah satu kata yang bisa menggambarkan perjalanan menuju Umbul Ponggok akhir pekan lalu. Tanpa ada satu orang yang tahu jalan ke lokasi kami tetap berangkat dengan mengandalkan Google Map dan tanya sana-sini. Seingat saya, jika dari Jogja ikuti saja Jl Jogja-Solo nanti kalau ketemu GOR belok ke utara, ikuti jalan terus, Umbul Ponggok-nya ada di pinggir jalan (nggak jelas ya? tambah bingung ya? akupun .__.) Sekitar jam 9.30 kami sampai di Umbul Ponggok tentu saja lebih lama dari perkiraan waktu yang (mungkin) hanya 1 jam. 
Sumber mata air Umbul Ponggok ini berada di desa Ponggok, kecamatan Polanharjo, kabupaten Klaten. Dengan kedalaman air sekitar 1,5 - 3 meter, Umbul Ponggok ini menawarkan kolam renang yang berbeda, dasar kolam yang dihiasi pasir dan bebatuan serta berbagai macam ikan air tawar. Walau tentu saja lebih menarik snorkeling di laut tapi setidaknya lumayanlah.
Pagi itu Umbul Ponggok masih relatif sepi, bisa santai nih, pikir kami. Sebelumnya saya sudah baca sana sini dari internet jadilah saya tidak begitu kaget ketika melihat seorang ibu-ibu yang mencuci pakaian di sana atau seorang bapak yang sedang mandi lengkap dengan sabunnya. Mungkin jika dilihat dari atas, tempat ini hanya semacam kolam biasa.
Nggak sabar. Setelah ganti baju, ambil kamera, ambil alat snorkeling saya langsung menceburkan diri ke kolam tapi di pinggiran dulu. Dari Jogja kami sudah bersiap dengan menyewa kamera underwater dan alat snorkeling. Total!

"Dingin bangeeeet. Eh gilaaaa ini dalemnya berapa meter woy!"

Kemampuan renang yang nggak seberapa membuat saya nggak berani gerak jauh-jauh. Ah basi nih kalau gini doang, pikirku. Beberapa dari kami akhirnya meminjam jaket pelampung, dan saya memilih untuk sewa ban pelampung saja. Buat jaga-jaga kalau tenggelam.

Sementara yang lain mencoba alat di pinggir, saya dan Loni sudah berenang dan foto-foto sampai tengah. "Nik, ada yang foto pakai bendera tuh di bawah. Mau!" kata Loni. Ah iya mumpung tujuh belasan. Akhirnya kami samperin sekelompok mas-mas itu dan numpang foto.
posenya pecicilan banget
Dari obrolan kami akhirnya tahu bahwa mereka dari komunitas selam Jogja (namanya kurang tahu). "Banyak tekniknya. Ikut latihan aja, biasanya di IKIP (kolam renang UNY)," jawab salah satu dari mereka ketika saya tanya cara menyelam. Menarik! Puas ngrusuhin mereka, akhirnya balik ke temen-temen dan renang bareng mereka. Nik fotoin... Lagi... Aku... Foto bareng-bareng aja yuk... Timer sih... dan tiba-tiba kamera mati. Sial! Baterainya udah habis.
ika - runisa - nindya - lia - loni - nika - fatho - shinta
Puas foto-foto, renang sampai kaki dan tangan pegel, kulit udah makin gosong dan makin siang. Akhirnya kami udahan. Buat yang kelaparan di sini nggak perlu khawatir karena ada beberapa penjual makanan, paling enak sih gorengan yang pas anget-angetnya. Selain satu kolam besar yang berhias pasir dan ikan, di Umbul Ponggok juga ada kolam untuk anak-anak. Fasilitas lain ada kamar mandi, mushola, peminjaman ban pelampung, alat snorkeling, jaket pelampung, dan kamera underwater. Bahkan di sana juga ada becak air, jadi hati-hati ya kalau lagi asik berenang eh tiba-tiba nabrak becak air.

Menurut saya tempat ini lumayan menarik bisa buat latihan snorkeling. Bahkan seperti yang kami jumpai, tempat ini juga biasa digunakan anak komunitas selam untuk berlatih. Namun yang membuat saya risih adalah penggunaan sabun atau detergen yang digunakan warga untuk mencuci atau mandi. Kan sayang sumber mata air yang menyegarkan seperti ini tercemar limbahnya. Satu lagi, dedaunan yang jatuh ke kolam juga cukup mengganggu kebersihan Umbul Ponggok ini. Berharap saja ke depannya bisa lebih terawat.
see ya!
*tiket masuk: Rp 5.000
*parkir: Rp 2.000
*kamar mandi/toilet: Rp 1.000
*sewa ban pelampung: Rp 3.000 - Rp 5.000
*sewa jaket peampung: Rp 5.000
*sewa alat snorkeling satu set (masker+snorkel+fins): Rp 15.000/jam
*kamera underwater: Rp 10.000/4 jepret

**sewa alat snorkeling di Jogja lebih murah, satu set Rp 30.000/24 jam atau masker+snorkel hanya Rp 15.000/24 jam di Sentra Selam Jogja

You Might Also Like

3 comments