Lukisan Alam di Kebun Buah Mangunan

1:57 PM


Kebun Buah Mangunan. Ini adalah kali ketiga saya datang ke kebun buah yang terletak di Dusun Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Lokasi ini bisa dicapai melewati Jalan Imogiri Timur, detailnya coba tanya google, karena faktor mbonceng saya kurang memperhatikan jalan. Di beberapa titik jalan sudah tersedia petunjuk arah tetapi menurut saya akan lebih baik lagi jika disertakan jarak yang masih harus ditempuh menuju kebun buah tersebut. 

Waktu tempuh dari lokasi kumpul kami di Berbah sampai Kebun Buah Mangunan tidak sampai satu jam, bahkan teman saya cuma butuh waktu 30 menit. Tentu saja tergantung kecepatan dan keadaan jalan. Sebelum memulai perjalanan ada baiknya cek dulu kondisi kendaraan, karena jalanan yang menanjak (tapi relatif masih aman). Repot juga kan kalau ban motor bocor di jalanan menanjak yang jauh dari bengkel. Oke ini sedikit curhat.

Tiket masuk kawasan ini Rp 5.000,00 per orang. Di sana juga ada kolam, play ground dan pepohonan yang cukup rindang hingga tak heran jika ada rombongan keluarga yang menggelar tikar dan makan bersama ataupun anak-anak yang bermain riang. Untuk mencapai gardu pandang, pengunjung masih perlu berjalan naik sedikit. Jalanannya pun sudah berupa tangga. Yang saya lihat ada juga pengunjung mengendarai kendaraan (motor, mobil) mereka ke atas. 

Menurut satu sumber yang saya baca kebun buah ini terletak di ketinggian 1000 meter diatas permukaan laut di gugusan pegunungan Imogiri. Begitu sampai di gardu pandang, pengunjung akan menjumpai pemandangan yang cantik. Hijaunya pepohonan di perbukitan yang jauh di sana, Sungai Oyo yang berkelok-kelok dan gradasi birunya langit.

Ketika ke sana kemarin, saya tidak memperhatikan apakah ada buah-buahan disana. Mungkin pas bukan musimnya.
Ini adalah team dolan dadakan. Minus Hanafi yang ngefotoin.
Oke, sampai jumpa!

You Might Also Like

0 comments