Candi Banyunibo: Sebuah Candi di Tengah Hamparan Hijau

11:55 AM

Candi Banyunibo yang dalam Bahasa Jawa berarti air jatuh terletak di Dusun Cepit, Bokoharjo, Prambanan. Candi ini terletak tidak jauh dari Candi Ratu Boko, Candi Ijo dan Candi Barong. Untuk sampai di lokasi Candi Banyunibo ini cukup mudah, jika melewati Jl. Prambanan-Piyungan berbeloklah ke arah Candi Ratu Boko. Ikuti jalan sampai nanti berada di perempatan yang dilengkapi petunjuk jalan: belok kiri menuju Candi Ratu Boko, lurus menuju Candi Banyunibo dan belok kanan menuju Candi Ijo. 

Sesuai niatan menuju Candi Banyunibo maka ambil jalan lurus kemudian belok kanan, dan letak candi tersebut tidak jauh dari perempatan itu tadi bahkan dari perempatan tersebut Candi Banyunibo sudah terlihat dari kejauhan.

Octopus Kuning + Fujifilm Superia ASA 200

Di antara hamparan sawah dan tebu, berdirilah dengan kokoh satu candi induk yang menghadap ke barat. Di sekitaran selatan dan timur candi tersebut harusnya terdapat enam candi perwara, namun candi-candi tersebut kini hanya berupa bekas reruntuhan. Dilihat dari stupa yang terdapat di bagian atas candi, maka dapat disimpulkan bahwa Candi Banyunibo termasuk candi Buddha. Dalam relief-relief candi tersebut digambarkan tentang dewa-dewi kekayaan dan kesuburan.

Untuk menikmati suasana sejarah yang berpadu dengan keindahan alam sekitar di Candi Banyunibo pengunjung hanya perlu mengisi buku tamu dan membayar secara sukarela.

You Might Also Like

2 comments